24 Feb 2011

I Miss U, Dad...

Share

My father didn't tell me how to live; he lived, and let me watch him do it.
-Clarence Kelland-


Father???
What can I say about him???
Bapak adalah orang yang paling sabar,, mungkin satu diantara seribu orang bapak yang tidak pernah memarahi anaknya... Tak sekalipun selama bapak hidup,, bapak pernah membentak,, apalagi memukul anaknya...tidak pernah !!!
Bapak orang yang pendiam, halus tutur katanya dan pandai bersosialisasi... boleh dibilang kalau bapak termasuk orang yang dihormati dikampungku... siapa yang tak kenal bapak,, sampai ke pelosok desapun mereka tau...karena bapak dulu seorang naib/lebe (pak penghulu)...
Sebelum bapak pensiun dulu, bapak selalu bertugas sampai beberapa hari ke kampung2 untuk menikahkah orang.. itu sebabnya mereka semua mengenal bapak,, itu yang aku ketahui dari cerita ibuku,, maklum waktu bapak masih dinas aku belum lahir,, kakaku juga masih bayi waktu itu,, jadi ibu sering ditinggal sendirian dirumah...

Waktu aku masih umur 3 tahun-an aku sering diajak ke kantor bapak,, tiap pulang dari kantor pasti mampir dulu beli jajan...itulah kebiasaan bapak,, selalu bawa oleh2 tiap dari pulang kantor... Tiap hari libur aku dan kakakku diajak jalan2,, seringnya kami pergi ke Pasar Johar, Semarang atau main2 di Tamezone,, sering banget waktu kecil,, sekarang dah gede malah gak pernah....hehe....
Kalau dari Pasar Johar, bapak suka beli bakpia...kalau gak beli rasanya gimana gitu,, kayak ada yang kurang.... terus kalau pas gajian, ibu selalu diajak.... tempat favorite yang dikunjungi di Pasar Johar adalah kios2 alat2 dapur,,, kalau ngajak ibu pasti lah yang dibeli itu cetakan kue,, soalnya ibu suka banget bikin kue... kalau pas lebaran gitu kadang ada juga tetangga yang minta dibikinin,,

Kadang bapak juga suka jalan2 sendiri,, tau2 ntar sampai dirumah dah bawa oleh2 atau beli apa gitu...
Bapak gak kalah jago juga kalau beli barang,, pasti bagus barangnya.. bapak pernah bawa pulang magic jar,, waktu itu baru2nya magic jar...seneng banget rasanya....sampai sekarang masih tuh,, masih bagus lagi. Terus pernah juga pulang bawa gilingan molen (alat buat bikin kulit kue molen),, soalnya kakakku suka banget kue molen,, dulu hampir tiap hari ibu buat kue molen tapi masih digiling pake botol gitu,,
hehehe..... bapak perhatian banget dech pokoknya.......

Yang paling aku suka dari bapak adalah penampilannya,, bapak tuch selalu tampil "necis" (rapi)... dengan celana cutbrei (yang lebar bawahnya itu...) dan baju safari... entah itu acara  formal atau santai, bapak selalu dandan rapi... kalau masalah baju, bapak suka banget beli kain di toko Jankrik (orang Semarang pasti tau...),, kainnya pun tak sembarangan,, bapak selalu memilih yang terbaik....modis banget pokonya.
Kalau lagi dirumah,, bapak suka pakai sarung sama kaos...

Rutinitas bapak sehari-hari setelah pensiun paling bantuin ibu diwarung,, kami punya warung kelontong dirumah... oia,, bapak pensiun waktu aku masih kelas 1 SD... tiap pagi bapak baca koran SUARA MERDEKA,, baca buku atau mengkaji Al Qur'an... bapak orangnya suka membaca,, koleksi buku bapak banyak banget dirumah,,, kebanyakan buku agama... kalau nggak bapak suka iseng2 bikin "kerajinan tangan" dan hasilnya bermanfaat kok... bapak emang suka "aneh", tapi itulah bapakku....

Bapak itu orang yang taat agama,, kalau dikampung bapak jadi pak mudin (tukang do'a kalau ada kenduri atau hajatan gitu...),, kadang masih ada juga yang minta dinikahkan sama bapak....
Bapak tak pernah absen sholat malam,, kalau subuh biasanya bapak ke masjid,, padahal masjidnya juga lumayan jauh....tapi bapak selalu pergi ke masjid untuk sholat berjamaah...

Bapak itu gak suka banyak bicara,, tapi langsung bertindak gitu... kadang sebagai anak pengen juga dinasehatin, diberi wejangan apa gitu.... tapi bapak enggak... mungkin karna bapak terlalu pendiam itu ya... tapi bapak itu orannya juga "nglenyer",,, lucu juga....tapi perhatian banget,,, dulu tiap mulai catur wulan baru pasti selalu tanya butuh buku apa aja,,, ntar langsung dech pergi ke Pasar Johar nyari buku. Kalau nyari di loakan (kios buku2 bekas) ada ya beli disitu,,, kalau gak ada ntar baru ke gramedia...

Kalau ibu sedang marah2, gak pernah sekalipun bapak ikut2an marah dan malah jadi ribut... bapak malah cuma diam... dulu bapak pernah pesan, jangan sampai membuat ibu marah... iya juga, soalnya kalau ibu marah pastilah masalah a-z ikut kebawa.... hehehehe,,,,

Keinginan anaknya, kalau itu baik selalu bapak turuti... kalau minta sesuatu lebih baik minta ke bapak dari pada ibu., dijamin pasti lebih cepat terkabul kalau minta sama bapak,, hehe...

Rasanya gak habis kalau cerita tentang bapak,, bapak yang lucu,, bapak yang baik,,, bapak yang bikin kangen..........
sekarang hanya bisa berdo'a semoga bapak mendapat tempat yang baik disisi-Nya....
Sudah 4 tahun ini bapak tiada,, waktu itu aku kelas 2 SMA...
Rasanya waktu itu cepat sekali bapak pergi,, gak ada pertanda apa-apa....

Memang akhir-akhir itu bapak suka batuk-batuk,, batuknya parah pas malam hari... sampai bapak gak bisa tidur dan hanya duduk diranjang karena batuknya yang tak henti2...
Pernah satu malam aku tidur dikamar bapak,, karena ibu yang bilang "tidur dikamar ibu kalau mau tau kayak apa batuknya bapak...", dan benar...batuknya bapak gak berhenti2,, pastilah sakit banget. Bapak cuma duduk semalaman dan gak tidur, aku juga jadi gak bisa ikut tidur... Tapi sekalipun kondisi bapak demikian, bapak masih sempat liatin apa aku digigit nyamuk apa nggak,, aku gak selimutan ya di ambilkan selimut...
hmm.... jadi pengen nangis kalau inget itu... T.T

Dan anehnya kalau pagi atau siang gitu bapak gak batuk, kata dokter bapak itu alergi dingin, makanya batuknya kalau pas malam aja,,
Beberapa hari sebelum bapak meninggal, bapak memang aneh...tapi siapa sangka kalau itu sebuah pertanda...
Bapak yang gak pernah suka yang namanya mie, jadi suka banget makan mie...aku pernah diminta belikan bakso dan dihabiskan sendiri,,, biasanya aja gak... Pernah juga pagi2 bapak nyari karip pensiunnya ditumpukan buku2 milik kakakku yang udah meninggal,, kalau seperti itu pastilah disimpan dilemari,, tapi entah bapak kok malah nyari disana,, katanya suatu saat bapak gak ada entar ribut nyari karip pensiunannya itu...
Waktu itu pas pagi2 aku nyuci tumben2an ditungguin sama bapak,, sambil bapak "karing" (berjemur cari sinar matahari pagi) bapak duduk diteras rumah,, nungguin aku sampai selesai nyuci...
Setelah selesai nyuci aku, bapak dan ibu duduk diruang tamu,, bapak disebelah kiri dan ibu disebelah kananku,,, kami cerita ketawa-ketawa,,, jarang sekali kami seperti ini soalnya kalau dirumah ya diem2an gtu... malah ibu bilang gini,,"Nanti kalau bapak meninggal pasti masuk surga...", entah keceplosan atau gimana ibu bilang gitu... waktu bapak sakit, memang bapak pernah dipijit sama orang, orang itu bilang kalau di dahi bapak ada lafadz Allah....
Aku gak percaya,, tapi kalau diperhatikan memang iya... seperti ada lafadz Allah didahi bapak...
Setelah cerita2, bapak nyuruh aku dan ibu ke pasar,, biasa bapak minta dibelikan getuk aren,, emank enak banget getuknya.. Cuma minta dibelikan getuk aja aku dikasih 50ribu waktu itu,,, tumben2an... emank akhir2 itu bapak tambah baik aja,, apapun yang aku minta pasti dibelikan..... dan akhirnya aku dan ibu ke pasar,,
Dipasar ibu bilang perasaannya gak enak,, ibu juga sempat hampir jatuh waktu dipasar....

Dan ternyata itulah hari terakhir aku mendegar suara bapak....
pulang dari pasar,, bapak udah gak sadar,, bapak dibawa ke puskesmas, tapi puskesmas bilang gak bisa nanganin,, dan akhirnya bapak dibawa ke RS Tugurejo, Semarang... Bapak langsung masuk ICU,,
parah,,, ditubuh bapak dipasang alat bantu pernapasan,, ada selang yang dimasukkan kedalam mulut bapak untuk ngambil lendir dari dalam paru2nya yang mengganggu pernapasannya.....
gak tega rasanya bapak diperlakukan seperti itu....bapak gak sadar selama beberapa jam....
Ibu hanya bisa menangis menunggui bapak didalam ruang ICU,,, tak pernah berhenti ibu berdo'a untuk bapak... benar2 gak tega waktu itu melihat kondisi bapak....
Waktu aku masuk ke ruang ICU,, aku pegang tangan bapak,, bapak berikan respon,, bapak masih bisa pegang tanganku,,, dari mulut bapak, bapak masih melafadzkan asma Allah....
Gak bisa berhenti menangis.....

Hanya semalam saja bapak harus menderita seperti itu,,, esok harinya bapak sudah dipanggil Yang Maha Kuasa....
Aku menyesal,,, sangat menyesal.... andai saja aku ada saat bapak menghadapi malaikat maut....andai saja,, malam itu memang aku pulang kerumah karena esok harinya harus sekolah...
egois sekali aku,, harusnya aku menunggui bapakku....
disekolahpun aku gak tenang,,, baru sekitar jam 9 pagi kakakku meneleponku sambil menangis... aku langsung pulang kerumah,, pikiranku sudah kacau.... sesampainya dirumah,, betapa kagetnya aku... didepan rumah sudah dipersiapkan peralatan untuk memandikan jenazah.....

Seperti gak percaya kalau bapak dah gak ada,, aku menangis sejadi-jadinya.... dan ternyata waktu itu bapak sedang sakaratul maut,,, aku hendak menyusul ke rumah sakit,, belum sempat aku melangkah,, kakakku dah telphon lagi kalau bapak sudah gak ada.....

aku.....
anak macam apa aku.....disaat terakhirnya,, aku gak bisa liat bapak.....

dirumah aku hanya bisa nangis nunggu jenazah bapak dibawa pulang dari rumah sakit,, sementara dirumah sudah ramai orang,, semua sudah dipersiapkan untuk memberikan penghormatan terakhir untuk bapak....
Bapak pulang terbujur kaku dengan "pakaian" putihnya...............
Ini tugas kami, anak2nya untuk memandikan bapak dan menyolatinya... wajah bapak yang saat itu tersenyum,, seperti tanpa beban lagi.... bapak telah pergi.....

Bapak sebenarnya tidak benar2 pergi,,, bapak masih ada, kan selalu ada untuk kami, anak2nya...
Setelah bapak meninggal,, waktu itu ada hal aneh yang aku sendiri pun gak paham sampai sekarang....
seperti tak masuk akal, tapi itu terjadi jika aku percaya... itu mungkin karena bapak masih ingin bersama kami,, selalu ingin bersama kami....

Bapak adalah bapak terbaik yang aku miliki,,yang selalu aku inginkan ada disini,, menemaniku tumbuh besar menjadi apa yang dia inginkan, menjadi anak yang berbakti padanya yang bisa hidup bahagia dan membahagiakannya....

Bapak akan selalau aku rindukan.....
The greatest gift I ever had
Came from God; I call him Dad!


I’m Happy You’re My Dad

I feel safe when you are with me;
You show me fun things to do;
You make my life much better;
The best father I know is you.

I’m happy you’re my Dad
And so I want to say
I love you, Dad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar